Artikel Asli Berjudul Cara Mendisable Klik Kanan di www.perwira28.blogspot.com Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Selasa, 31 Mei 2011

Wikipedia Kini Dikemas Dalam Bentuk CDPedia

Mencari sumber informasi apa saja khususnya mengenai sejarah dan ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dengan sekejap di Wikipedia. Ensiklopedi online tersebut memang banyak sekali menyimpan informasi yang valid dan aktual.

Sebuah perkumpulan di Amerika Selatan kini tengah berkutat dalam mengumpulkan data digital dari Wikipedia dan berencana mengemas kumpulan informasi online tersebut ke dalam CD sehingga bisa dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Masih dalam tujuan yang sama, sekelompok pengguna Python di Argentina, PyAr, bertujuan untuk mendistribusikan CDPedia ke sekolah-sekolah terpencil dan tak terkoneksi dengan internet.

CDPedia tersebut diisi dengan berbagai informasi berbahasa Spanyol, yang mana berkapasitas 680MB CD-R atau 4.5GB DVD-R. Aplikasi Bittorrent digunakan sebagai sarana distribusi online yang mana membantu mengunduh file iso images, yang selanjutnya dapat di-burning ke dalam CD-R ataupun DVD-R. Kini CD ini bisa dibuka menggunakan sistem operasi Windows, Linux dan Mac. Konten di dalamnya merupakan kumpulan informasi yang berhasil dikumpulkan hingga pertengahan tahun 2008 silam.

Dalam sebuah sesi tanya jawab antara TechEye dan salah satu pengurus PyAr, Alejandro J Cura, mengatakan bahwa ensiklopedi virtual ini sudah cukup komplit.

“Versi DVD9 kini telah menampung 448,038 artikel berbahasa Spanyol yang dikemas dalam format html pada bulan Juni 2008, dan 98 persennya adalah gambar,” papar beliau. “Versi CD ini memiliki persentase lebih besar berupa artikel serta gambar pendukung.”

Beliau mengatakan bahwa versi CDPedia terbaru akan tersedia pada akhir bulan Maret 2010 mendatang.

Tidak ada komentar:

Copyright © 2010 IT Lovely ......!!!

Template Qari Punya By dinQari