Artikel Asli Berjudul Cara Mendisable Klik Kanan di www.perwira28.blogspot.com Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Selasa, 07 Juni 2011

AFFETTO, Si Robot Bayi Imut Pintar Berceloteh (Video)

Anda suka bermain dengan anak kecil? Pasti juga akan suka kalau melihat tingkah polah si robot bayi imut asal Jepang ini. Layaknya bayi kecil, si robot Affetto mampu menirukan mimik wajah bayi ketika belajar berceloteh dan mengenal lingkungannya. Hasil eksperimen mahasiswa asal Universitas Osaka ini memang cukup menarik perhatian. Walaupun baru sekedar bagian kepala saja, tapi ekspresi yang dilakukan oleh robot buatannya terlihat alami.

Jepang memang gesit dalam soal robotik. Mahasiswa-mahasiswa di Jepang sudah banyak melakukan observasi membuat robot-robot unik yang mungkin bahkan lebih hebat dibandingkan Amerika. Kali ini robot bayi yang menjadi proyek eksperimen. Robot bayi ini nantinya bisa digunakan untuk memperkenalkan para calon orang tua yang belum memiliki anak untuk mulai melihat perilaku anak kecil.

Emosi dan tingkah si robot dipelajari langsung dari tingkah laku bayi dan diterapkan kepada robot Affetto. Desain tampilan wajah menggunakan tekstur dan kontur wajah seorang bayi. Robot ini bahkan lebih baik bila dibandingkan dengan robot bayi Diego yang pernah dipamerkan tahun lalu. Sayangnya tak terlalu banyak informasi mengenai ekperimen robot bayi ini, tapi eksperimen akan terus berlanjut.

Hmmm, semakin menarik saja ya perkembangan dunia robotik. Semoga nantinya Indonesia bisa belajar lebih banyak lagi agar bisa mengikuti dan bersaing di dunia robotik.

Penasaran ingin melihat ekspresi imut wajah robot Affetto? Silahkan simak melalui video berikut ini :

Tidak ada komentar:

Copyright © 2010 IT Lovely ......!!!

Template Qari Punya By dinQari