Artikel Asli Berjudul Cara Mendisable Klik Kanan di www.perwira28.blogspot.com Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Selasa, 17 Juli 2012

Modul Pembelajaran TIK SMA


Sudah hampir 4 tahun saya mengajarkan materi pemrograman Pascal untuk SMA. Pada tahun pertama dan kedua, materi pemrograman Pascal disekolah kami diletakkan di semester 2. Namun, seiring berkembangnya kurikulum, pada tahun kedua dan ketiga, materi pemrograman Pascal diletakkan di semester 1. Memang di sekolah kami, kurikulum TIK kami kembangkan sendiri dan tidak mengikuti garis-garis besar pengajaran seperti yang diberikan pemerintah (depdiknas) melalui KTSP.
Materi pemrograman Pascal bermanfaat bagi siswa yaitu: memperkenalkan pemrograman kepada siswa sejak dini dan tentu saja untuk mempersiapkan siswa untuk mengikuti olimpiade komputer yang diadakan setiap tahun. Sekolah kami memilih menggunakan Pascal karena sifatnya yang mudah untuk dipelajari, teliti dan dapat melatih logika lebih cepat. Download modul ?
Di tahun ajaran 2008/2008 ini memang saya tidak memperbaharui modul Pascal, karena saya lebih mempersiapkan modul HTML untuk kelas XI. Modul Pascal tahun lalu saya gunakan kembali dan hanya sedikit saja yang diedit. Dalam 1 semester ini memang tidak banyak yang diperoleh siswa dan target yang sudah saya tentukan sejak awal ternyata tidak tepat dan banyak hal-hal yang terjadi di luar jangkauan saya karena banyaknya liburan sekolah ataupun karena kondisi siswa yang berbeda setiap tahunnya. Target saya sampai dengan procedure dan function ternyata tidak tercapai. Selain itu, proyek yang saya rencanakan untuk kelas X, ternyata juga tidak jadi saya terapkan karena sempitnya waktu yang tersisa.
Satu semester ini, jam efektf saya kurang lebih 15-16 kali pertemuan, 1 kali pertemuan = 2 jp dan 1 jp = 45 menit. Berikut garis-garis besar pengajaran saya selama satu semester. Beri saran dan kritikan ya..
Pertemuan 1:
Pengantar Algoritma dan Pemrograman: definisi algoritma, flowchart, latihan menyelesaikan masalah dengan algoritma dan flowchart (teori, di kelas, pertemuan selanjutnya praktikkum terus)
Pertemuan 2:
Pengantar Pascal: membuat program sederhana dengan Pascal, misal: program untuk menghitung luas segitiga dan lain-lain.
Pertemuan 3:
Latihan soal-soal dengan Pascal I
Pertemuan 4:
Latihan soal-soal dengan Pascal II
Pertemuan 5:
Input dan Output: textcolor, texbackground, gotoxy dll
Pertemuan 6:
Ulangan harian
Pertemuan 7:
Tipe-tipe data: integer, real, char, string dll.
Pertemuan 8:
Soal-soal persiapan mid semester 1
Pertemuan 9:
Pemilihan: pernyataan IF dan Case
Pertemuan 10:
Latihan soal-soal pernyataan IF dan Case
Pertemuan 11:
Ulangan harian
Pertemuan 12:
Perulangan: pernyataan FOR
Pertemuan 13:
Pernyataan REPEAT DAN WHILE
Pertemuan 14:
Latihan soal-soal perulangan
Pertemuan 15:
Latihan soal-soal pemilihan dan perulangan
Dengan 13 kali pertemuan efektif (tidak dengan ulangan), setidaknya siswa pernah belajar dan tahu yang namanya bahasa pemrograman. Lebih lanjut harapannya, agar siswa yang ingin memperdalam di perkuliahan tidak terlalu kaget dengan pemrograman dan bisa bersaing dengan siswa-siswa dari sekolah lain.

Tidak ada komentar:

Copyright © 2010 IT Lovely ......!!!

Template Qari Punya By dinQari