Artikel Asli Berjudul Cara Mendisable Klik Kanan di www.perwira28.blogspot.com Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Senin, 24 Januari 2011

Hal-hal penting sebelum menginstal Linux


sobat, berikut kami berikan cara-cara atau tahapan yang harus kita lakukan sebelum melakukan instalasi linux, penting bro ......:

1. Pastikan untuk backup data-data penting kita yang ada di komputer.

2. Buat rencana akan seperti apa partisi di sistem Linux yang kita inginkan dan juga filesystem apa yang akan kita gunakan untuk partisi Linux tersebut (ext2, ext3, ReiserFS).

3. Jangan gunakan semua sisa space dari partisi Windows yang kita miliki. Sisakan sedikit space agar program dan sistem Windows berjalan lancar.

4. BIOS: Masuk ke BIOS dan ubah beberapa setingan yang dianggap perlu.

5. BIOS: Pilih perangkat yang akan diboot oleh BIOS untuk pertama kali. Seperti ini urutannya: CD-ROM, kedua Floppy dan ketiga IDE-0.

6. Hubungkan semua perangkat seperti printer, scanner, card reader dan yang lainnya. Pastikan juga semua perangkat tersebut sudah kita nyalakan.

7. Lihat dan baca terlebih dahulu file README dan INSTALL yang ada didalam CD Instalasi.

8. Ingat-ingat password root/sudo yang kita buat selama proses instalasi karena akan sangat vital jika kita lupa password root/sudo yang kita buat sendiri.

9. Install LILO atau Grub pada MBR (secara otomatis partisi Windows sudah ada didalamnya).

Tidak ada komentar:

Copyright © 2010 IT Lovely ......!!!

Template Qari Punya By dinQari